Panwas Harapkan Peran dan Partisipasi Masyarakat Dalam Pengawasan Pemilihan

3 Comments

  1. Terimakash ats tanggapan bawaslu. Sebenarnya sejak diumumkan 3 besar panwascam, kami sudah memberi tahu panwaskab oku timur bahwa utk kec belitang ada sekdes yg lulus jd panwascam, tetpi karena ga ada respon dari panwaskab, maka kami menulis komentar di web bawaslu. Demikian terimakasih.

  2. Salam hormat. Sebelumnya mohon maaf. Sbgai warga sumsel kami bangga dgn keberadaan bawaslu dan kami sangat mendukung segenap daya upaya bawaslu utk mewujudkan tatanan demokrasi (khususnya pilkada serentak di sumsel saat ini) yg benar2 demokratis dan berintegritas dalam hasil dan penyelenggara serta penyelenggaraannya, selaras dg visi misi bawaslu pusat. Utk mencapai hal itu dibutuhkan upaya baik keluar maupun kedalm apalagi dgn amanat uu no 8 yg memberi kwenangan panwas utk memutus perkara yg final dan mengikat tentu dibutuhkan personel panwas yg memiliki netralitas dan integritas dan independensi yg tinggi. Terkait dgn hal tsb, salah satunya adl soal rekrutmen pengawas, (menanggapi komentar di website bawaslu sumsel tentang adanya sekdes yg lulus sbgai panwascam), kami mendukung bawaslu utk melarang rangkap jbtan (kpu telah menerapkan larangan rangkap jbatan sekdes dgn pan adhoc seperti ppk dan pps/kpps sejak pilgub sumsel 2013). Namun kelihatanya panwas belum (sepengetahuan sya ada di sebuah kec di okutimur yg PPL nya Merangkap sekdes pd pileg 2014) bahkan utk pilkada 2015 ada sekdes yg lulus panwascam. Yg jdi pertanyaan apakah rangkap jabtan tak akan menimbulkan konflik kepentingan dlam tgas pengawasan? Apalagi jbtan sekdes tergantung pd atasan seperti kades dan cmat. Bagamna jika misal atasan melakukan hal2 yg dilarang uu pemilu? Adakah keberanian utk minimal menegurnya selagi jbtan sekdesnya mash mekekat? Mohon hal ini menjadi perhatian bawaslu sumsel dalam rangka mewujudkan visi misi bawaslu. Sekali lagi mohon maaf dan Terimakash atas perhatiannya. Maju terus bawaslu sumsel, buat kami sbgai masyarakat bangga atas keberadaan bawaslu. Salam hormat. (maaf komentar ini semata merujuk pd ajakan bawaslu utk melibatkan masyarakat dalam pengawasan)

    1. Author

      saat ini hal tersebut sedang diverifikasi langsung oleh Ketua Bawaslu Sumsel yang hari ini melantik anggota Panwascam se Kabupaten OKU Timur, keberadaan sekdes tersebut akan dipastikan terlebih dahulu, dan dipastikan tidak akan merangkap jabatan, harus memilih salah satunya. Bawaslu melalui Panwaslu OKU Timur sebenarnya sudah membuka sarana pengaduan masyarakat melalui form yang bisa didapat di sekretariat Panwas Kabupaten OKU timur ataupun di website Bawaslu ini, apabila ybs ke depan masih merangkap jabatan agar saudara dapat memberikan bukti dan akan segera ditindaklanjuti, terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *