Sekilas Bawaslu

BADAN PENGAWAS PEMILIHAN UMUM REPUBLIK INDONESIA

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) adalah badan yang bertugas mengawasi penyelenggaraan Pemilu di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bawaslu ditetapkan berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2007 Pasal 70 tentang Pemilihan Umum. Jumlah anggota Bawaslu sebanyak 5 (lima) orang. Keanggotaan Bawaslu terdiri atas kalangan professional yang mempunyai kemampuan dalam melakukan pengawasan dan tidak menjadi anggota partai politik.Dalam melaksanakan tugasnya anggota Bawaslu didukung oleh Sekretariat Bawaslu.

Sekretariat Bawaslu dipimpin oleh Kepala Sekretariat.Sekretariat Bawaslu dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 49 tahun 2008.Sekretariat Bawaslu mempunyai tugas memberikan dukungan teknis dan administratif kepada Bawaslu. Sekretariat Bawaslu terdiri atas sebanyak-banyaknya 4 (empat) Bagian, dan masing-masing Bagian terdiri atas sebanyak-banyaknya 3 (tiga) Sub Bagian.

 

BADAN PENGAWAS PEMILIHAN UMUM PROVINSI SUMATERA SELATAN

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sumatera Selatan dilantik oleh Bawaslu Republik Indonesia pada tanggal 21 September 2012. Jumlah anggota Bawaslu Sumsel sebanyak 3 (tiga) orang. Keanggotaan Bawaslu Sumsel sendiri terdiri atas kalangan professional yang mempunyai kemampuan dalam melakukan pengawasan Pemilu dan tidak menjadi anggota partai politik.

Anggota Bawaslu Sumsel dalam kerjanya didukung oleh Sekretariat yang bertugas memberikan dukungan teknis dan administratif. Sekretariat Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan dipimpin oleh Kepala Sekretariat. Sekretariat Bawaslu Provinsi terdiri atas sebanyak-banyaknya 3 (tiga) subbagian, yakni Administrasi, Teknis Penyelenggaraan Pengawasan Pemilu serta Hukum, Humas dan Hubungan Antar Lembaga.